Sabtu, 29 Oktober 2011

Menulis Itu Menyenangkan

       Beberapa orang beranggapan jika menulis itu hal yang sangat sulit di lakukan dan dihindari setiap hari. Padahal tahukah anda jika menulis itu "Menyenangkan" ^^.


       Ketika kita menulis dengan hati terpaksa dan di latarbelakangi oleh sebuah tuntutan yang memberatkan, maka sebuah tulisan tidak akan lahir dengan baik dan mudah, apalagi menyenangkan. Maka dari itu ada beberapa kiat menarik untuk menciptakan sebuah tulisan dengan mudah.

 "Menulis-lah pada saat awal dengan hati, setelah itu perbaiki tulisan yang ada dengan pikiran. Kunci pertama dalam menulis adalah bukan berpikir tapi mengungkapkan apa saja yang di rasakan" (Dr. Yeti Heryati)

         Dengan demikian kita dapat mengambil kesimpulan. Bahwa saat kita menulis menulislah dengan hati, dengan emosi yang kita rasakan. Apa pun yang ada di dalam hati tulis-lah! curahkan segalanya dalam bentuk tulisan. Quantum Writing bahkan menyebutkan jika "Menulis itu menyehatkan".

         Kenapa menyehatkan?? karena sebenarnya menulis bisa menjadi obat. Kenapa bisa?? karena ketika kita mampu menulis dengan hati dan emosi, segala pikiran yang buruk, segala perasaan negatif akan keluar dengan segalanya dan diri kita akan mengalami pemulihan sendiri setelah kita mengungkapkan apa yang mengganjal dalam hati dan pikiran.

          Kemudian, menulis-lah dengan hati yang ikhlas. Ingsaallah semuanya akan jauh lebih mudah di jalani. Apa pun yang akan kita jalani jika dalam hati sudah memberikan restu sebuah keikhlasan maka akan terasa mudah dan ringan.

QUANTUM WRITING

  • Menulis itu menyehatkan
  • Usahakan menulis setiap hari, niscaya kulit anda akan menjadi segar kembali akibat manfaat yang luar biasa (Eatima Mernissi) 
  • Menulis tentang ha-hal yang negatif akan memberikan pelepasan emosional yang mengakibatkan rasa puas dan lega (James W. Pennebaker) 
  • Menulis tentang pikiran dan perasaan ter dalam tentang trauma yang mereka alami menghasilkan suasana hati yang lebih baik, pandangan yang lebih positif , dan kesehatan fisik yang lebih baik (dr. Pennebaker)
         Berbagai manfaat menulis dapat kita rasakan ketika kita mampu menulis dengan hati dan emosi, dan menulis dengan ikhlas. :)

Setelah kita mengetahui apa saja manfaat dari menulis, kadang banyak orang sulit memulai dari mana ia menulis. Berikut cara-cara menulis yang bisa saya bagikan ;
  1. Menulis apa saja yang diinginkan 
  2. Bebaskan diri anda 
  3. Tidak usah terlalu memikirkan masalah tata bahasa, ejaan, kalimat, dll. 

                                              Materi ini di ambil dari mata kuliah Menulis bersama Dr. Yeti Heryati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar